Jumat, 23 September 2016

Telaah Staff

| 07.55 |
KOMPETENSI 1 : PEMELIHARAAN TURBIN AIR
PENGGANTIAN MATERIAL HEAD COVER SHAFT SEAL
MENGGUNAKAN STAINLESS STEEL


Turbin air merupakan peralatan utama dalam pembangkit listrik tenaga air (PLTA) yang berfungsi merubah energi potensial dan kinetik air menjadi menjadi energi mekanik. Energi mekanik berupa putaran poros didapatkan dari air yang melalui sudu-sudu runner. Energi mekanik ini kemudian diubah menjadi energi listrik oleh generator. Pada PLTA Cirata, jenis turbin yang dipakai ialah turbin francis. Dinamakan turbin francis karena pada bagian runner memiliki bentuk vertical axis (poros tegak). Bagian utama dari turbin air ialah stay vane, guide vane, runner, dan shaft. Selain itu terdapat alat bantu berupa servo motor, air admission, shaft seal, dan by pass valve. Dengan kecepatan konstan sebesar 187,5 rpm, turbin air yang dimiliki PLTA Cirata mampu menghasilkan daya maksimum sebesar 129,6 MW.



Salah satu bagian peralatan mekanik turbin ialah head cover shaft seal yang berfungsi sebagai dudukan dari sealing box dan carbon ring segment dalam instalasi shaft seal. Terdapat dua instalasi yang melalui head cover shaft seal, yaitu instalasi sealing shaft seal yang berfungsi sebagai perapat poros dengan memberikan air bertekanan sebesar 4 bar untuk menghindari air bertekanan 2,5 bar dari draft tube naik ke area turbin pit dan instalasi air admission yang berfungsi mengurangi efek kavitasi pada area draft tube dan runner dengan memberikan suntikan udara.

Apabila dilihat umur head cover shaft seal pada unit #1 yang telah dipakai 4 tahun, adanya korosi yang dialami head cover shaft seal lambat laun dapat mengakibatkan kebocoran air pada area turbin pit. Oleh karena itu perlu dilakukan penggantian head cover shaft seal dengan penggunaan material yang tahan terhadap korosi yaitu baja tahan karat stainless steel. Stainless steel merupakan baja tahan karat yang mengandung senyawa besi dan setidaknya 10,5% chromium untuk mencegah proses korosi karena adanya lapisan film oksida chromium yang menghalangi proses oksidasi akibat kontak dengan lingkungan.
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top